Kamis, 06 April 2017

Mengganti Ban Sendiri Secara Aman

Mungkin saja Anda tak pernah terbayang bagaimana waktu alami pecah ban atau kempis di perjalanan. Mungkin saja Anda cuma bakal alami rasa cemas hingga jadi bikin Anda kebingungan sendiri. Terlebih untuk yang belum pernah ganti ban sendiri. 

Anda tak perlu cemas waktu merasakannya, lantaran bila Anda cemas terlebih bakal bikin susah lakukan sistem pergantian bannya. Tenangkan diri Anda terlebih dulu, baru Anda dapat mengerjakannya sendiri. 

Mengganti Ban Sendiri Secara Aman

Tersebut terdapat banyak panduan enteng untuk Anda supaya dapat ganti ban sendiri dengan aman. 
  1. Posisikan mobil Anda ditempat yang rata serta mempunyai permukaan yang keras. Mengapa mesti permukaan keras? Lantaran waktu lakukan pengangkatan mobil dengan dongkrak, memerlukan permukaan yang keras untuk mengangkat beban mobil yang berat dengan cara stabil. 
  2. Janganlah lupa aktifkan hazard serta rem tangan. Untuk mobil bertransmisi automatis, baiknya letakan perseneling di posisi P. Untuk mobil bertransmisi manual, bisa posisikan perseneling di gigi 1 bila Anda terasa tak meyakini dengan kemampuan rem tangan mobil Anda. 
  3. Tempatkan segitiga pengaman kurang lebih 50-70 mtr. di belakang mobil. Jarak mesti lebih jauh bila Anda berhenti di jalan tol yang lancar. Ini untuk bikin pengemudi belakan memperoleh peringatan mencukupi. Apabila sangat dekat, segitiga pengaman tidak ada fungsinya. 
  4. Cari kunci roda atau kunci palang yang telah Anda sediakan. Untuk mobil standard umumnya kunci roda ini disiapkan sebagai standarnya serta diletakkan di kantung tool kit. Perangkat ini umumnya diletakkan oleh pabrikan dibawah jok pengemudi atau penumpang depan. Dapat pula diletakkan di kompartemen yang ada didalam bagasi berbarengan dengan dongkraknya.
  5. Kendurkan baut roda yang alami pecah ban atau kempis. Cukup dikendurkan saja dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Janganlah melepas semuanya baut rodanya lantaran mobil belum didongkrak. 
  6. Posisikan dongkrak sesuai sama yang disarankan oleh buku manual. Bila Anda tak mempunyai buku manual, cari satu cekungan atau mungkin saja benjolan di bagian bawah mobil. (Umumnya ada dibawah panel dibawah pintu). Yakinkan penempatan dongkrak ini tegak lurus. Lantas naikkan dongkrak sampai roda yang kempis tadi terangkat sampai tak menapak dengan jalan. (Bila dongkrak tampak miring serta tak stabil, baiknya turunkan kembali mobil serta cari posisi yang cocok). 
  7. Bebaskan semuanya baut roda. Bila telah, bebaskan ban dengan cara perlahan-lahan. Waktu ban yang kempis telah lepas dari ruangan roda, letakanlah dibawah mobil di samping dongkrak. Hal semacam ini untuk berjaga-jaga seumpama dongkrak terjatuh. 
  8. Ambillah ban serep yang telah disediakan untuk ganti ban yang kempis. Ban serep umumnya terdapat didalam bagasi yang ada di lantai bagasi ditutupi dengan karpet. 
  9. Letakkan ban cadangan sesuai sama pola baut roda. Lalu gunakan kembali baut-bautnya sampai merasa cukup kencang, tanpa ada butuh memakai kemampuan optimal. 
  10. Sebelumnya turunkan dongkrak, ambillah ban yang tadi diletakkan di kolong mobil, lantas turunkan dongkrak sampai roda seutuhnya menyentuh jalanan. Lalu kencangkan semuanya baut rodanya memakai kunci roda tadi searah jarum jam. Bila telah kencang pmenggunakan tangan, manfaatkanlah kaki untuk menngencangkannya lebih kuat. 
  11. Sesudah usai, letakan ban yang sobek atau kempis tadi kembali di bagasi. Janganlah lupa ambillah kembali segitiga pengaman Anda. 

Sekianlah panduan mudah untuk lakukan pergantian ban sendiri waktu kondisi darurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar